0812-3583-4961 || Potret Miris Rumah Sakit Jiwa di Indonesia yang Akan Menyayat Hati

Potret Miris Rumah Sakit Jiwa di Indonesia yang Akan Menyayat Hati

Entah mengapa, yang namanya orang gila selalu dikucilkan oleh masyarakat. Mereka dianggap bisa membuat orang lain celaka bahkan kehilangan nyawa. Makanya, kemudian orang-orang seperti ini harus merasakan hal-hal buruk macam dipasung, dikurung dan bahkan dilempari batu. Mungkin masyarakat lupa kalau mereka dulunya orang waras, sama seperti manusia normal lainnya.

Potret Miris Rumah Sakit Jiwa di Indonesia yang Akan Menyayat Hati

Orang-orang gila tersebut kadang langsung dibawa ke rumah sakit jiwa. Tanpa tahu keadaan, keluarga seolah meninggalkan begitu saja di sana. Alhasil, rumah sakit jiwa sering kewalahan karena saking banyaknya pasien di sana. Tentang rumah sakit jiwa, rasanya tak semua orang tahu tentang itu.

Mirisnya Melihat Orang-Orang yang Dirantai


Ini merupakan gambaran keadaan salah satu rumah sakit jiwa di Indonesia. Anak dalam gambar tersebut bernama Vivi, saat ini menginjak umur 14 tahun dia mengalami halusinasi dan membuatnya harus dipasung seperti itu. Setiap hari dia juga harus dimandikan dengan diguyur air. Tempat yang ia duduki adalah alas tidur sekaligus tempat mandinya.

Pada dasarnya dia juga sama dengan kita. Cuma bedanya kita lebih beruntung karena masih diberi kewarasan. Mereka seperti diperlakukan tidak manusiawi, namun sebenarnya itu juga salah dari keluarga yang hanya menelantarkan mereka di rumah sakit jiwa. Jadinya, rumah sakit lah yang kewalahan. Kita harus mulai peka dengan keadaan-keadaan seperti ini, karena hal tersebut benar-benar terjadi di sekitar.

Potret Miris Rumah Sakit Jiwa di Indonesia yang Akan Menyayat Hati

Tidak semua orang dengan ‘kelainan jiwa’ itu membahayakan dan menakutkan. Adakalanya mereka mungkin membahayakan tp semua bisa dicegah dan ditangani dengan penanganan yang baik oleh orang-orang terdekat dan tentunya oleh instansi pemerintah yang terkait.

Orang dengan ‘kelainan jiwa’ tidak selalu identik dengan ‘mengamuk’ dan ‘tertawa sendiri’, karena dengan penanganan yang baik mereka masih bisa berinteraksi dan bersosialisasi dengan kita tanpa harus dikucilkan dan ditertawakan.

Mungkin beberapa dari mereka tidak bisa disembuhkan, tp mereka juga manusia. Dan banyak dari mereka yang bisa berubah menjadi lebih baik oleh karena ada kemauan dan usaha dari orang-orang terdekat seperti keluarga. Banyak diantara mereka bisa berubah menjadi lebih baik, dengan catatan tetap melakukan kontrol (rawat jalan).

Rumah sakit jiwa sangat bervariasi dalam tujuan dan metode. Beberapa rumah sakit mungkin mengkhususkan hanya dalam jangka pendek atau terapi rawat jalan untuk pasien berisiko rendah.

Orang lain mungkin mengkhususkan diri dalam perawatan sementara atau permanen dari warga yang sebagai akibat dari gangguan psikologis, memerlukan bantuan rutin, perawatan khusus dan lingkungan yang terkendali.

Komentar

  1. PERMAINAN JUDI ONLINE TERBESAR DAN TERPECAYA DI INDONESIA
    Minimal Deposit/Withdraw Rp 20.000,-
    Memiliki 8 game dalam 1 user id
    Bonus Cashback 0.3%
    Bonus Referral 15%
    Bonus Extra Refferal 5%
    Contact Us :
    BBM : D887A35F
    WA : +6281314872594
    Line : rajabandarq
    Fanspage 1 : RajaBandar99
    Fanspage 2 : Raja BandarQ
    Link :
    RajaBandar99,com
    RajaBandar99,net
    RajaBandar99,org
    RajaBandar99,info

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

0812-3583-4961 || Aplikasi SIMRS Berbasis Web dan Database Server | SIMRS

0812-3583-4961 || Sejarah Rumah Sakit Hermina

0812-3583-4961 || Sejarah Rumah Sakit Permata Husada di Malang